SEJARAH

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan salah satu unit di Universitas 17 Agustus Banyuwangi yang fokus menjadi rumah bagi pengembangan ilmu pendidikan. FKIP UNTAG Berdiri pada tahun 1982 sebagai bentuk respon universitas terhadap banyaknya kebutuhan guru di Banyuwangi. Pada awal berdirinya, FKIP UNTAG mengawali dengan membuka satu program studi yaitu pendidikan sejarah. Alumni Prodi Pendidikan Sejarah banyak yang telah sukses dan tersebar dalam berbagai bidang, mulai dari pegawai kependidikan, guru, pegawai pemerintahan, hingga ada yang menjabat sebagai kepala dinas pendidikan kabupaten banyuwangi.

Beberapa tahun kemudian, suksesnya pembukaan Prodi Pendidikan Sejarah disusul dengan pembukaan Prodi Pendidikan Biologi. Prodi ini disiapkan untuk mencetak guru - guru profesional di bidang biologi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pada kenyataannya Banyuwangi memiliki banyak lab alam berupa tiga taman nasional yakni TN Meru Betiri, TN, Baluran, dan TN Alas Purwo yang semuanya menjadi rujukan banyak universitas besar di Indonesia sebagai tempat praktikum lapangan, KKL, maupun studi ekskursi. Alumni Prodi Pendidikan Biologi banyak tersebar tidak hanya dalam bidang pendidikan, namun juga dalam bidang lingkungan seperti bekerja di taman nasional, LSM bidang lingkungan, hingga kantor pemerintahan.

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2007 FKIP Untag kembali membuka prodi baru yakni Pendidikan Bahasa Inggris. Hal ini menjadi respon universitas bahwa suatu saat Banyuwangi akan menjadi tempat singgah maupun tujuan bagi para wisatawan asing. Tentu saja hal ini sangatlah wajar mengingat Banyuwangi merupakan pintu masuk ke Bali dari Pulau Jawa. Maka sangatlah mungkin apabila dikembangkan dengan baik, Banyuwangi akan menjadi salah satu pilihan bagi para wisatawan untuk berlibur karena memang pada dasarnya potensi alam dan budaya Banyuwangi tidak kalah dengan Bali. Hal ini kemudian terbukti beberapa tahun kemudian dimana dengan banyaknya event internasional saat ini, kunjungan wisatawan asing ke Banyuwangi semakin banyak. Tentu hal itu perlu didukung dengan sumber daya manusia yang memadai yang memiliki kemampuan untuk melayani dengan baik. Dan salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah kemampuan komunikasi dengan baik dalam bahasa asing. Berkat upaya ini, banyak alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengisi berbagai profesi di Banyuwangi, mulai dari guru bahasa inggris di SD, SMA, tentor bahasa inggris profesional, staf public relation di hotel dan kantor - kantor pemerintahan, hingga guide profesional yang banyak melayani tamu asing untuk memahami perjalanan yang dijalani selama di Banyuwangi.

 Melalui tiga program studi yang meliputi Prodi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Untag Melayani kebutuhan akademik masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya dan berkontribusi aktif dalam mencetak para profesional yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ingin bergabung dengan kami, segera lakukan pendaftaran !