MAHASISWA SEMESTER ENAM FKIP UNTAG MELAKUKAN KKL

image

MAHASISWA SEMESTER ENAM FKIP UNTAG MELAKUKAN KKL

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN admin 27/06/2017

         Proses mencetak para pendidik profesional, tidak cukup hanya dengan menghadirkan pembelajaran di kelas, melainkan juga diperlukan model pembelajaran lain di luar kelas yang mampu menunjang kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Dalam hal ini, FKIP Untag telah melakukan berbagai jenis praktikum, studi ekskursi hingga kuliah lapangan secara rutin setiap tahunnya. Lokasi tujuannya pun tidak selalu berada didalam kota, melainkan seringkali juga diluar kota.

       Sejak awal berdirinya, FKIP Untag memang mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan minimal satu kali Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi sumber – sumber belajar secara langsung yang semuanya berada di luar kampus. Kegiatan KKL ini juga menjadi puncak dari berbagai praktikum lapangan maupun studi ekskursi yang dilakukan pada semester – semester sebelumnya. Pada tahun 2017 ini, mahasiswa semester 6 dari masing – masing program studi melakukan KKL dengan tiga tujuan, antara lain: 1) Prodi Pendidikan Biologi ke Malang dan Batu, 2) Prodi Pendidikan Sejarah Ke Malang dan Blitar, dan 3) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ke Bali.  

        Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Mahfud, M.Pd menjelaskan bahwa tahun ini tujuan KKL sengaja dibuat berbeda. Hal ini dilakukan agar masing – masing prodi dapat fokus untuk menggali pengetahuan sesuai bidangnya. Dalam kegiatan ini masing – masing prodi di bimbing oleh 3 – 5 Dosen . Seusai KKL, mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan KKL sesuai dengan pembagian toping masing – masing kelompok. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memiliki pengetahuan secara teoritik, tetapi juga praktik dalam konteks penggalian data, studi kasus, hingga aplikasi teori. 

Ingin bergabung dengan kami, segera lakukan pendaftaran !